Menguji Aplikasi dengan Sandbox

Merchant akan di sediakan skenario test dengan beberapa skenario untuk di uji coba. Setelah merchant telah menyelesaikan test ini, merchant dapat mempropose untuk Live Production melalui email.

Khusus untuk skenario nomor urut 16 dan 17, simulasi timeout bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut:

  1. menggunakan aplikasi tambahan seperti proxy untuk untuk menahan request http atau response http yang diterima atau dikirim oleh merchant
  2. memodifikasi source code dengan menambahkan fungsionalitas sleep. Misal untuk Java, bisa menggunakan Thread.sleep(miliseconds), PHP menggunakan sleep(seconds)

Kriteria Sukses Dalam sebuah skenario

  • Merchant harus mengirimkan transaksi sesuai dengan skenario yang sedang aktif. Misalkan, jika sedang aktif dalam skenario No.1 (Generate Payment Code Normal) maka, transaksi yang dikirim harus berupa transaksi Generate Payment Code. Jika transaksi yang dikirm adalah selain Generate Payment Code, maka status pengujian skenario tersebut dianggap gagal.
  • Request dan Response yang dikirim dan diterima harus sesuai dengan Spesifikasi yang telah ditentukan. Jika tidak, sistem akan memberikan respon HTTP 400 Bad Request, dan tidak dicatat sebagai percobaan (untuk spesifikasi dari TFP, Silahkan kunjungi bagian Transfer For Payment)
  • Status pengujian skenario akan selalu mengikuti kondisi terakhir dari percobaan yang dilakukan. Misalkan, jika dilakukan pengujian sebanyak tiga kali dengan urutan SUKSES, SUKSES, GAGAL. Maka status pengujian skenario tersebut akan dianggap GAGAL.

Petunjuk umum pengujian

  • Untuk tetap melakukan percobaan tanpa mempengaruhi status pengujian, harap nonaktifkan skenario pengujian dengan cara mengklik tombol nonaktifkan skenario pengujian di kanan atas halaman skenario pengujian.
  • Jika mendapatkan respon HTTP 401 Unauthorized, pastikan hal-hal berikut:
    1. Merchant harus memiliki jadwal pengujian yang telah dialokasikan oleh pihak Artajasa.
    2. Pengujian yang dilakukan harus berada di dalam rentang jadwal pengujian yang telah ditentukan.
    3. Jika lama dari jadwal pengujian dirasakan tidak cukup, maka merchant dapat menghubungi helpdeskbersama.id@artajasa.co.id untuk memperpanjang rentang jadwal pengujian.